Belajar CSS Part 1

Apa itu CSS? CSS (Castading Style Sheet) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mempersingkat kode HTML, seperti font, size, color, dan lain-lain. CSS bisa dikatakan bagian dari HTML language, karena untuk mempelajari CSS diperlukan dasar atau pemahaman tentang bahasa HTML. Sementara HTML adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk membangun sebuah laman website. Tanpa menggunakan CSS, laman web bisa dibuat hanya menggunakan HTML code. Akan tetapi, akan membutuhkan kode yang banyak, karena setiap web terdiri dari beberapa page atau laman yang harus mengandung kode HTML. Oleh karena itu, digunakanlah kode CSS untuk mempersingkat
kode HTML, sehingga tidak perlu membuat kode HTML pada setiap laman web.
CSS juga digunakan untuk mempercantik website atau blog yang tidak bisa menggunakan kode HTML. Tentu setiap admin menginginkan tampilan blog atau website kelolaan mereka menjadi menarik, sehingga bisa menarik perhatian para pengunjung dan tidak merasa bosen untuk berkunjung kembali. Manfaat lain menggunakan CSS untuk mengelola blog atau website , yaitu lebih cepat melakukan peng-edit-an kode, lebih mudah melakukan maintenance kode, dan kode tidak terlihat berbelit-belit.
Sekarang, CSS terdiri dari tiga versi, yaitu CSS1, CSS2, dan CSS3. Ketiga versi CSS tersebut memiliki tingkat kelayakan yang berbeda-beda, CSS1 hampir mirip dengan menggunakan HTML, tetapi lebih ringkas. CSS2 lebih baik lagi dengan CSS1, kode-kode lebih mengarah mempercantik halaman web dan mengatur letak isi posting-an dan gadget. CSS3 merupakan versi terbaru saat ini, kode-kode lebih berkualitas dibanding dengan CSS 1 ataupun CSS2. Fungsi dari CSS3 lebih luas, yaitu digunakan untuk membuat gambar header transparan, membuat background transparan, memiliki jangkauan luas dalam memosisikan gadget, dan lain-lain.
Cara penulisan CSS antara lain sebagai berikut:
  • Inline Style Sheet, cara ini sama penulisannya dengan HTML, yaitu tag <p>….</p>. Contoh: <p style =”color : green” >.
  • Embedded Style Sheet, cara ini menggunakan tag <style>….</style>. Contoh: <style type=”text/css”> h1 {color=blue} </style>.
  • Linked Style Sheet, cara ini menggunakan tag <link rel> yang diletakkan di dalam <head>, contoh: <link rel = “stylesheet” type=”text/css” href = “http://domine.com/hello.css“ >.
Untuk pengenalan CSS sampai di sini dulu, nantikan sambungan selanjutnya.
Download artikel ini, klik

1 komentar:

artikelnya sangat membantu kak.
CSS

Reply

Posting Komentar

Mohon gunakan kalimat yang santun untuk memberikan komentar. Komentar yang dianggap propokator akan dihapus.