Sebaiknya Bimbingan Belajar Sebelum SNMPTN Diadakan Oleh Sekolah

Berhubungan dengan akan datangnya UN (Ujuan Nasional) dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Metrics Blog ingin menyampaikan beberapa saran dan kritikan mengenai system SMA. Bukan bermaksud menyalahkan siapa-siapa, hanya sekedar saran/kritik untuk sistem SMA ataupun sistem jenjang sekolah yang lain.
  1. Sebaiknya bimbingan belajar untuk persiapan SNMPTN diadakan oleh sekolah
  2. Tidak mendominasi adanya bimbingan belajar untuk persiapan SNMPTN di luar sekolah
Dari ke dua pernyataan di atas, berikut beberapa alasan “mengapa Metrics Blog memberikan
saran/kritikan terhadap system SMA yang sekarang?:
  • SMA dan SNMPTN merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya memberikan yang terbaik untu ke dua system tersebut ataupun system-sistem lain yang terikat dengan “kemendiknas”, seperti mengontrol proses kinerja setiap system, memberikan “kontribusi” yang adil dan bijaksana, serta menyebarluaskan kelayakan pelayanan di setiap system tersebut.
  • Setiap siswa dan siswi diwajibkan untuk mebayar “iuran wajib” (SPP) sampai akhir batas yang telah ditentukan. Berarti, siswa dan siswi memiliki hak untuk menerima bimbingan belajar dan pendidikan selama mereka aktif sebagai pelajar SMA.
  • Jika kita hubungkan dengan keadilan, maka tentu system SMA sekarang (maaf) “tidak adil” dalam meberikan pelayanan kepada siswa dan siswi.
  • Ada seorang pelajar (lulusan SMA, mengaku) pernah menghadapai SNMPTN sebanyak dua kali, sehingga dapat merasakan "bagaimana rasanya gagal masuk PTN jalur SNMPTN?"———Metrics Blog meberikan saran/kritikan ini agar setiap siswa dan siswi SMA sekarang bisa mendapatkan keadilan yang benar-benar adil (pengajaran dan pendidikan).
  • Keterpaksaan outodidack kepada siswa dan siswi (maaf) “tidak berduit” untuk mempersiapkan menghadapi SNMPTN, sedangkan siswa dan siswi (maaf) “berduit” dengan gembira bisa menikmati bimbingan belajar di luar sekolah. Di sini terasa sekali tidak adanya keadilan untuk siswa dan siswi SMA dalam pelayanan persiapan SNMPTN. Sekali lagi, mereka (siswa-siswi) masih aktif sebagai pelajar SMA, sehingga memiliki hak untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan layak sebagaimana yang telah dijelaskan dalam “undang-undang”.
Link terkait
Bimbingan Belajar Persiapan SNMPTN dengan bimbingan belajar Bimbingan Belajar di Sekolah BIMBEL Siap SNMPTN Belajar untuk persiapan SNMPTN Bimbingan belajar sebelum SNMPTN lebih ditingkatkan Tingkatkan bimbingan belajar/pendidikan di Sekolah Fokuskan siswa-siswi pada jenjang selanjutnya Mari belajar untuk persiapan SNMPTN Hak dan Keadilan mendapatkan pengajaran dan pendidikan di sekolah

Posting Komentar

Mohon gunakan kalimat yang santun untuk memberikan komentar. Komentar yang dianggap propokator akan dihapus.